Saat ini telah waktunya semua menunjukan minatnya untuk UMKM
di negeri ini agar UMKM bisa terus
eksis dan naik kelas, menerima sentuhan fasilitasi pelbagai program yang bisa
disinergikan bersama. Stakeholder yang dimaksud tentunya ialah ABCGM (Akademisi-Business-Communitas-Goverment-Media)
yang kita kenal dengan Jabar Masagi yang sedang dimaksimalkan di Provinsi Jawa
Barat.
Bagaimana kiranya taktik untuk memadukan sinergitas dan
peranan antar stakeholder agar bisa bersatu padu, berperan aktif dan memberikan
kontribusi positif selaligus mengerjakan upaya-upaya proaktif untuk kemajuan UMKM kedepan? Perlu dijadikan sebuah
peta sinergitas antar Stakeholder ABCGM dalam mengambil peranan dan berkiprah
dalam aksi maupun aktivitas yang berhubungan dengan UMKM pantas dengan tugas,
fungsi dan potensi yang dimiliki bagus oleh lembaga maupun perorangan yang bisa
dituangkan dalam program-program kekinian yang mensupport UMKM lebih produktif,
inovatif dan berdaya saing di pelbagai media online/offline.
Berdiskusi sinergitas berarti kita akan memetakan siapa
mengerjakan apa dari kelima Elemen ABCGM itu utuk berkolaborasi maupun berperan
aktif memberikan kontribusi pemiliran maupun implementasi program-program
favoritnya yang bisa disinergikan dengan program stakeholder lainnya dari tiap
sisi kepentingan atau perannya. Akademisi, tentu akan berperan dalam
memaksimalkan peningkatan kapasitas SDM bagus dari sisi edukasi, teknologi,
pengabdian masyarakat maupun pendampingan terpadu kepada UMKM. Akademisi juga
akan bisa membikin sebuah penelitian maupun kajian ilmiah bagaimana penetrasi
keilmuan kepada UMKM.
Kontribusi yang sinergi dari Elemen Busines bagus dari
perusahaan swasta, BUMN, Praktisi Bisnis maupun Perbankan juga bisa
dilaksanakan melalui program-program Pembiayaan, Akses Pemasaran, Promosi,
Kelembagaan Usaha, Capacity Building,E-commrce, E-Business, Branding Image
Produk UMKM maupun taktik Corporate Branding bagi UMKM.
Lalu peran Communitas dalam sinergitas peran dalam
pemberdayaan UMKM yang bisa dilaksanakan Komunitas seperti asosiasi bisnis,
lembaga-lembaga yang mewadahi para pelaku bisnis UMKM bisa menampilkan kiprahya
dengan memberikan konsultasi bisnis, memakai program-program andalan yang
sungguh-sungguh dibutuhkan oleh UMKM agar lebih terang keberadaannya dan bisa
bersama-sama eksis mengerjakan bisnisnya dengan pelbagai sentuhan program dari
pelbagai intuisi penting yang benar-benar mereka butuhkan. Dengan komunitas
pula pelbagai informasi terkini, penanganan keadaan sulit UMKM bisa
difasilitasi dengan pelbagai aktivitas yang sangan aplikatif dan memberi banyak
kemudahan bagi UMKM.
Lalu, dengan pemerintah yang membidangi UMKM tentunya dari
sisi G (Governance) dengan membikin pelbagai terobosan program dan kebijakan
utuk memberdayakan UMKM dan membikin pelbagai undang-undang yang akan
mensupport kepada UMKM sendiri serta memberikan fasilitasi penganggaran dalam
program pendukungan UMKM, seperti
aktivitas Promosi, Pelatihan, Akses Pasar, Teknologi Tepat Guna dan Marketing
Online
Semacam pula peran Media (M) dalam sinergitas inipun
sungguh-sungguh dibutuhkan untuk mensupport taktik promosi, mengangkat nama UKM
menjadi pengusaha yang establis, memonitor pelbagai aktivitas dan prestasi UMKM
yang akan menginspirasi UMKM yang lainnya sehingga bisa bersama-sama berkembang
menempuh tujuan yang diharapkan. Peran media sungguh-sungguh dibutuhkan untuk
UMKM lebih memilili integritas dan karakter atau poin tambah yang selama ini
belum tereksplore dan perlu penembangan khusus melalui ekpose promosi dan
pemberitaan serta mensupport branding image yang lebih komersial dan lebih
menerima daerah di hati konsumen melalui promosi interaltif akan promosi produk
UMKM.
Begitulah..sepertinya kolaborasi ABCGM inilah yang sekarang
bisa dipercaya untuk membesarkan UMKM kearah lebih maju kedepan. Dengan
memadukan pelbagai peradaban aktif semua stakeholder itu kedalam contoh
sinergitas yang berkolaborasi dalam sebuah sistem penemuan kreatif dan
penajaman peran proaktif dari semua pihak berhubungan dalam upaya memberdayakan
UMKM jauh lebih bagus lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar